Minggu, 09 Agustus 2009


Dokumen format digital telah lama menjadi isu efisiensi administrasi. Saya pernah berdiskusi kecil dengan teman semasa kuliah dulu sekaligus bekas partner kerja saya Abdul Malik. Kala itu saya masih bekerja sebagai asisten beliau, dan hasil kesimpulan diskusi tersebut adalah organisasi maupun perusahaan manapun sudah saatnya memikirkan metode efisiensi dengan melakukan digitalisasi dokumen cetak.

Bayangkan jika kumpulan dokumen yang banyaknya selemari dapat diatur dan dikelola dengan mudah dalam ruang penyimpanan yang “kecil”. Juga bayangkan jika foto foto dokumentasi selama 59 tahun (*usia Universitas) dapat disimpan dengan rapih sehingga potensi rusaknya kualitas foto dapat dihindari. Meski begitu masih banyak kendala yang harus dihadapi, seperti sumber daya yang mengelola, aset teknologi dan lainnya.

Pada tulisan kali ini saya akan mencoba sharing sedikit pengalaman seputar membangun perpustakaan online sederhana dengan menggunakan Content Management System Joomla dan Wordpress. Proses yang sederhana ini akan coba saya paparkan secara (se-)sistematis (mungkin) dalam 4 seri tulisan.

Mengenal beragam format dokumen digital populer

Bicara mengenai format digital dokumen sudah barang tentu banyak sekali. Dari mulai format output microsoft word hingga format html dapat dikategorikan sebagai format dokumen digital. Namun disini saya akan membatasi format dokumen digital yang populer dikemas menjadi ebook.

1. PDF (Portable Document Format)
Dapat dikatakan format ebook yang paling populer dan banyak ditemui di internet. PDF dikembangkan oleh Adobe Inc sejak tahun 1993, untuk dapat membacanya kita memerlukan software gratis tambahan seperti Adobe Acrobat.

2. LIT (singkatan dari Literatur)
Merupakan format keluaran dari Microsoft. Untuk perangkat pembacanya, tidak seperti program dari Microsoft lainnya yang berbayar, maka Microsoft Reader dapat didapat secara gratis.

3. PDB (Protein Data Bank)
Format ini kebanyakan lazim dibaca melalui ponsel atau PDA (Personal Digital Assistant) software untuk membacanya pun juga banyak bisa didapat gratis.

4. TXT ( Text Format)
Inilah format paling sederhana, saking sederhananya maka format TXT tidak dapat menyimpan dokumen gambar. File TXT cocok digunakan jika ingin menghemat ruang penyimpanan dan dokumen hanya berbentuk teks saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar